Home » » SATUAN ACARA PEMBELACARAN Personal Hygiens

SATUAN ACARA PEMBELACARAN Personal Hygiens

Written By Unknown on Saturday, January 11, 2014 | 7:42 AM



SATUAN ACARA PEMBELAJARAN PERSONAL HYGIENS



SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)
Pokok Bahasan           : Personal Hygiens
Sub Pook Bahasan      : Personal Hygien Gangguan Integumen
Sasaran                        : Keluarga Tn. Q
Waktu                         : 30 Menit
Tempat                        : Rumah Tn. Q
Hari/Tgl Pelaksanaan  : Sabtu, 26 Desember 2013

         I.          PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari kebersihan merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang. Kebersihan itu sendiri dangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan. Hal-hal yang sangat berpengaruh itu di antaranya kebudayaan , sosial, keluarga, pendidikan, persepsi seseorang terhadap kesehatan, serta tingkat perkembangan.Jika seseorang sakit, biasanya masalah kebersihan kurang diperhatikan. Hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele, padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatan secara umum.Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Kebersihan seseoang adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseoran untuk kesejahteraan fisik dan psikis.

      II.          TUJUAN
A.    Tujuan Umum
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan diharapkan peserta didik dapat mengetahui dan melakukan personal hygiens secara mandiri.
B.     Tujuan Khusus
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 1 (satu) kali pertemuan diharapkan peserta didik dapat:
1.      Mengatahui Cara Personal Hygiene Kepada orang yang mengalami gangguan integumen.
2.      Memelihara kebersihan dan kesehatan seseoran untuk kesejahteraan fisik dan psikis.
3.      Memberikan pendidian kesehatan kepada masyarakat
4.      Meningkatkan derajat kesehatan seseorang
5.      Memelihara kebersihan diri seseorang
6.      Memperbaiki personal hyiene yang kurang
7.      Mencagah penyakit
8.      Menciptakan keindahan
9.      Meningkatkan rasa percaya diri
   III.          MATERI YANG AKAN DI SAMPAIKAN
A.  Definisi dan pengertian Personal Hygiens
B.  Cara Personal Hygiens
C.  Jenis Personal Hygiens
   IV.          METODE
A.  Ceramah
B.  Diskusi
      V.          MEDIA
A.    Leaflet
   VI.          SUSUNAN ACARA
No
Tahap/waktu
Kegiatan penyuluhan
Kegiatan peserta
1
Pra Interaksi 5 Menit
Ø Mengucapkan salampembuka
Ø Memperkenalkan diri
Ø Menjelaskan maksud dan tujuan
Ø  Menjawab salam

Ø  Mendengarkan
Ø  Perkenalan
2
Interaksi 15 Menit
Ø   
Ø Mendengarkan
Ø Memperhatikan
Ø Berdiskusi dengan mahasiswa penyuluh
3
Post interaksi 10 menit
Ø Memberikan masukan
Ø Menyimpulkan hasil penyuluhan
Ø Mengevaluasi peserta didik
Ø Salam penutup
Ø  Memperhatikan
Ø  Memberi tanggapan
Ø  Menjawab pertanyaan yang diajukan
Ø  Menjawab salam penutup

VII.          MATERI
( Terlampir )
VIII.          EVALUASI
A.    Evaluasi Struktur
1.      SAP sudah dikumpulkan sebelum pelaksanaan pendidikan kesehatan.
2.      Media sudah siap dan sesuai dengan materi.
3.      Peserta dan penyuluh datang tepat waktu, dan siap untuk mendapatkan pendidikan kesehatan.
B.     Evaluasi Proses
1.      Media dapat digunakan seoptimal mungkin.
2.      Peserta dapat menerima pendidikan kesehatan tentang penyakit Inkontinensia urine.
C.     Evaluasi Hasil
1.    (80%)  klien  mampu memahami tentang definisi dan pengertian Personal Hygiens
2.    (90% ) klien mampu mengetahui tidak bisa menjaga personal Hygien pada kulit



>>> LAMPIRAN <<<

>>> LEAFTLET <<<

>>> POWER POINT <<<


Share this article :
 
Copyright © 2013. HIMASIK CILACAP