SATUAN ACARA
PEMBELAJARAN
(SAP)
Pokok Bahasan :
Personal Hygiens
Sub Pook Bahasan :
Personal Hygien Gangguan Integumen
Sasaran :
Keluarga Tn. Q
Waktu :
30 Menit
Tempat :
Rumah Tn. Q
Hari/Tgl Pelaksanaan : Sabtu,
26 Desember 2013
I.
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari kebersihan
merupakan hal yang sangat penting
dan harus diperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis
seseorang. Kebersihan itu sendiri dangat dipengaruhi oleh nilai individu dan
kebiasaan. Hal-hal yang sangat berpengaruh itu di antaranya kebudayaan ,
sosial, keluarga, pendidikan, persepsi seseorang terhadap kesehatan, serta
tingkat perkembangan.Jika seseorang sakit, biasanya masalah kebersihan kurang
diperhatikan. Hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihan adalah
masalah sepele, padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi
kesehatan secara umum.Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu
personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Kebersihan seseoang
adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseoran untuk
kesejahteraan fisik dan psikis.
II.
TUJUAN
A. Tujuan Umum
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan
diharapkan peserta didik dapat mengetahui dan melakukan personal hygiens secara
mandiri.
B. Tujuan Khusus
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan
selama 1 (satu) kali pertemuan diharapkan peserta didik dapat:
1.
Mengatahui Cara Personal Hygiene Kepada orang yang mengalami gangguan
integumen.
2.
Memelihara kebersihan dan kesehatan
seseoran untuk kesejahteraan fisik dan psikis.
3.
Memberikan pendidian kesehatan kepada masyarakat
4. Meningkatkan derajat kesehatan seseorang
5. Memelihara kebersihan diri seseorang
6. Memperbaiki personal hyiene yang kurang
7. Mencagah penyakit
8. Menciptakan keindahan
9. Meningkatkan rasa percaya diri
III.
MATERI
YANG AKAN DI SAMPAIKAN
A. Definisi dan pengertian Personal
Hygiens
B. Cara Personal Hygiens
C. Jenis Personal Hygiens
IV.
METODE
A. Ceramah
B. Diskusi
V.
MEDIA
A. Leaflet
VI.
SUSUNAN
ACARA
No
|
Tahap/waktu
|
Kegiatan penyuluhan
|
Kegiatan peserta
|
1
|
Pra Interaksi 5 Menit
|
Ø Mengucapkan salampembuka
Ø Memperkenalkan diri
Ø Menjelaskan maksud dan tujuan
|
Ø Menjawab salam
Ø Mendengarkan
Ø Perkenalan
|
2
|
Interaksi 15 Menit
|
Ø
|
Ø Mendengarkan
Ø Memperhatikan
Ø Berdiskusi dengan mahasiswa penyuluh
|
3
|
Post interaksi 10
menit
|
Ø Memberikan masukan
Ø Menyimpulkan hasil penyuluhan
Ø Mengevaluasi peserta didik
Ø Salam penutup
|
Ø Memperhatikan
Ø Memberi tanggapan
Ø Menjawab pertanyaan yang diajukan
Ø Menjawab salam penutup
|
VII.
MATERI
( Terlampir )
VIII.
EVALUASI
A. Evaluasi Struktur
1. SAP sudah dikumpulkan sebelum
pelaksanaan pendidikan kesehatan.
2. Media sudah siap dan sesuai dengan
materi.
3. Peserta dan penyuluh datang tepat waktu,
dan siap untuk mendapatkan pendidikan kesehatan.
B. Evaluasi Proses
1. Media dapat digunakan seoptimal mungkin.
2. Peserta dapat menerima pendidikan
kesehatan tentang penyakit Inkontinensia
urine.
C. Evaluasi Hasil
1. (80%) klien mampu memahami tentang definisi dan
pengertian Personal Hygiens
2. (90% ) klien mampu mengetahui tidak
bisa menjaga personal Hygien pada kulit
>>> LAMPIRAN <<<
>>> LEAFTLET <<<
>>> POWER POINT <<<